Paratusty, Nurkusuma Dewi and Zarfinal, Zarfinal (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PASIEN PENGGUNA BPJS KESEHATAN DI RSUD dr. RASIDIN PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER FIX.docx.pdf Download (684kB) |
|
Text
ABSTRAK FIX.pdf Download (286kB) |
|
Text
BAB 1 FIX.pdf Download (404kB) |
|
Text
BAB 2 FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) |
|
Text
BAB 3 FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
|
Text
BAB 4 FIX.pdf Download (186kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf Download (293kB) |
|
Text
LAMPIRAN FIX.pdf Download (731kB) |
Abstract
Pembangunan kesehatan dalam Pasal 3 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan mencantumkan: “Pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis”. Rumusan Masalah 1) Bagaimana Alur Pelaksanaan Pemberi Pelayanan Kesehatan kepada Peserta BPJS Kesehatan di RSUD dr. Rasidin Padang? 2) Bagaimana Perlindungan Hukum bagi Pasien Pengguna BPJS Kesehatan atas Lambannya Pelayanan Kesehatan Pasien BPJS dikaitkan dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999?. Jenis penelitian hukum sosiologis. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis secara kualitatif. Simpulan hasil penelitian : (1) Alur yang dilaksanakan di Rumah sakit dr. Rasidin sudah menjalankan sesuai dengan peraturan yang ada dirumah sakit dan ada beberapa alur pendaftaran yang dilakukan dengan menerima pendaftaran melalui media sosial (whatsapp) agar mengurangi kerumunan namun peserta lebih memilih melakukan pendaftaran langsung ke Rumah sakit (2) hak pasien dalam hal pengecualian sistem pelayanan kesehatan rujukan berjenjang di Rumah Sakit Umum dr. Rasidin belum terpenuhi, dalam hal ini Rumah sakit Daerah tidak memiliki ketersediaan fasilitas yang memadai namun karna keterbatasan rumah sakit tersebut mereka tidak menindak lanjuti pasien yang akan menimbulkan resiko pada pasien patah tulang. Kata kunci : Pelayanan Kesehatan, BPJS, RSUD dr. Rasidin
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Hukum FH |
Date Deposited: | 11 Mar 2022 07:05 |
Last Modified: | 11 Mar 2022 07:05 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7911 |
Actions (login required)
View Item |