Nika, Fitri Yanti and rona, taula Sari (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATERIHUBUNGAN ANTAR MAKHLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS V DI SDN 20 BATU HAMPAR KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
I. Cover, Halaman Pengesahan, Surat Pernyataan, Daftar Isi, Nika Fitri Yanti (1810013411208).pdf Download (586kB) |
|
Text
II. BAB PENDAHULUAN Nika Fitri Yanti (1810013411208).pdf Download (244kB) |
|
Text
III. BAB Kesimpulan Saran Dan Daftar Pustaka.pdf Download (176kB) |
|
Text
IV. Full Teks Skripsi Nika Fitri Yanti (1810013411208).pdf Restricted to Repository staff only until May 2022. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi rantai makanan dalam ekosistem untuk kelas V SDN 20 Batu Hampar Kabupaten Agam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan Model 4-D yaitu define, disign, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap develop yakni pada tahap validasi dan tahap praktikalitas. Instrumen penelitian ini meliputi lembar validasi yang di isi oleh ahli materi, ahli Bahasa, dan ahli desain dan lembar praktikalitas yang di isi oleh guru dan 14 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivisme untuk kelas V SDN 20 Batu Hampar Kabupaten Agam termasuk kategori sangat valid. Ahli validitas yaitu ahli materi aspek didaktik dengan rata-rata 3,75 sangat valid, aspek konstruksi dengan rata-rata 4,00 sangat valid, dan aspek teknis dengan rata-rata 3,87 sangat valid. Ahli Bahasa aspek didaktik rata-rata 3,75 kategori sangat valid, aspek konstruksi rata-rata 3,25 kategori valid, dan aspek teknis rata-rata 3,80 sangat valid. Ahli desain aspek didaktik rata-rata 4,00 sangat valid, aspek konstruksi rata-rata 3,80 valid, dan aspek teknis rata-rata 3,72 sangat valid. Modul yang dikembangkan termasuk kategori sangat praktis oleh guru dengan rata-rata 90%. dari peserta didik dengan rata-rata 91,64 % dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivime yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas V SD. Sehingga, modul dapat digunakan secara mandiri. Kata Kunci : Pengembangan, Modul IPA, Pendekatan Konstruktivisme
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 11 Mar 2022 06:40 |
Last Modified: | 11 Mar 2022 06:40 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7914 |
Actions (login required)
View Item |