PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA KELAS IV SDN 10 ULAKAN TAPAKIS

Sintia, Murni Afnita and Susi, Herawati (2022) PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA KELAS IV SDN 10 ULAKAN TAPAKIS. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
I. Cover, Halaman Pengesahan, Abstrak Sintia Murni Afnita.pdf

Download (1MB)
[img] Text
II. Bab Pendahuluan Sintia Murni Afnita..pdf

Download (388kB)
[img] Text
III. Bab Kesimpulan, Saran, Daftar Pustaka Sintia Murni Afnita.pdf

Download (204kB)
[img] Text
IV. Full Teks Skripsi Sintia Murni Afnita.pdf
Restricted to Repository staff only until May 2022.

Download (13MB)

Abstract

PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA KELAS IV SDN 10 ULAKAN TAPAKIS Sintia Murni Afnita1, Susi Herawati1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : afnitasintiamurni@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD pada materi pengumpulan dan penyajian data dengan menggunakan model pembelajaran project based learning, kelas IV di SDN 10 Ulakan Tapakis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, design,development, dan disseminate. Penelitian ini dibatasi hanya 3-D yaitu sampai di tahap development dikarenakan keterbatasan waktu. Penelitian ini dilakukan pada semester 2 tahun ajaran 2021/2022 dengan materi pengumpulan dan penyajian data. Proses validasi, LKPD divalidasi oleh 3 orang dosen (ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain). Pada proses praktikalitas, LKPD diuji coba kepada 1 orang guru dan 20 orang peserta didik. Pada tahap validasi LKPD dengan model project based learning memenuhi kriteria sangat valid dengan presentase rata-rata 94,16% dengan rincian pada aspek materi 87,5%, aspek bahasa 95% dan aspek desain 100%. Pada tahap praktikalitas, LKPD dengan model project based learning termasuk kriteria sangat praktis dengan rata-rata presentase 96% dengan rincian angket respon guru 96% dan angket respon peserta didik 96%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD pada materi pengumpulan dan penyajian data menggunakan model pembelajaran project based learning memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran matematika khususnya bagi siswa kelas IV di Sekolah Dasar. Kata Kunci : Pengembangan, LKPD, Project Based Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Mar 2022 06:44
Last Modified: 11 Mar 2022 06:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7915

Actions (login required)

View Item View Item