PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN KONTRUKTIVISME DI KELAS V SD NEGERI 24 PARUPUK TABING

Resti, Mandayana and Enjoni, Enjoni and Syafni, Gustina sari (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN KONTRUKTIVISME DI KELAS V SD NEGERI 24 PARUPUK TABING. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
POIN 1,.pdf

Download (1MB)
[img] Text
POIN 2,.pdf

Download (185kB)
[img] Text
POIN 3,.pdf

Download (101kB)
[img] Text
SKRIPSI Resti Mandayana (1610013411121) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan Kontruktivisme pada tema 6 untuk siswa kelas V yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (Penelitian dan pengembangan). Dengan menggunakan model 3-D yaitu terdiri dari tahap define, design, and development. Instrument penelitian ini dilakukan pada 20 orang siswa kelas V semester genap tahun ajaran 2020/2021. Validator angket terdiri dari 1 orang ahli materi, 1 orang ahli bahasa, dan 1 orang ahli desain. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPA memperoleh 87,50% dengan kategori valid, dari aspek bahasa memperoleh 85,00% dengan kategori valid, dari aspek desain memperoleh nilai 83,00% dengan kategori valid. Dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan Kontruktivisme pada tema 6 untuk siswa kelas V yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 85,17% dengan kategori valid. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 20 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh persentase 88,50% dengan kriteria praktis, dan dari hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh persentase 89,82% dengan kriteria praktis. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan Kontruktivisme yang dihasilkan valid dan praktis digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar sehingga siswa mampu belajar dengan baik tanpa bimbingan guru maupun dengan bimbingan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Mar 2022 07:00
Last Modified: 11 Mar 2022 07:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7922

Actions (login required)

View Item View Item