Islami, Junisa Ilahi and Yulfia, Nora (2022) PENGEMBANGAN MODUL IPS BERBASIS NILAI-NILAI KARAKTER UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
I. Cover, Halaman Pengesahan, Surat Pernyataan, Daftar Isi Islami Junisa Ilahi.pdf Download (319kB) |
|
Text
II. BAB Pendahuluan Islami Junisa Ilahi.pdf Download (133kB) |
|
Text
III. BAB Kesimpulan Islami Junisa Ilahi.pdf Download (47kB) |
|
Text
IV. Full Teks Skripsi Islami Junisa Ilahi.pdf Restricted to Repository staff only until May 2022. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul IPS berbasis nilai-nilai karakter untuk kelas IV SD Negeri 06 Padang Birik-birik yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Sebagai penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) denganmenggunakan model ADDIE (analisys, design, development, implemantation, dan evaluation), instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket yang terdiri dari angket validasi aspek materi, bahasa, dan desain, serta angket praktikalitas untuk guru dan siswa.Validitas dilakukan oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator aspek materi, aspek bahasa dan aspek desain. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 27 siswa kelas IV SD. Berdasarkan validasi modul oleh validator pada masing-masing aspek diperoleh nilai yaitu aspek materi 84,21%, aspek bahasa 90,62%, dan aspek desain 93,33%, dengan total 89,38%. Sementara itu, nilai praktikalitas oleh guru adalah 85% dan nilai praktikalitas oleh siswa adalah 90,24%. Atas dasar itu dapat diartikan bahwa pengembangan modul IPS berbasis nilai-nilai karakter untuk kelas IV sekolah dasar telah valid dan praktis, sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar oleh siswa maupun guru.Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Nilai-nilai Karakter
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 11 Mar 2022 07:05 |
Last Modified: | 11 Mar 2022 07:05 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7926 |
Actions (login required)
View Item |