PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MATERI PECAHAN KELAS IV SDN 05 SAWAHAN

Rana, Rafidah and Zulfa, Amrina (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MATERI PECAHAN KELAS IV SDN 05 SAWAHAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER,HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN, ABSTRAK DAN DAFTAR ISI RANA RAFIDAH.pdf

Download (896kB)
[img] Text
ii. BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (412kB)
[img] Text
iii. BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (402kB)
[img] Text
iv. FULL TEXT SKRIPSI RANA RAFIDAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran pada materi pecahan berbasis model pembelajaran contextual teaching and learning kelas IV SDN 05 Sawahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D yaitu define, design,development,dan disseminate. Penelitian ini dibatasi hanya 3-D yaitu sampai di tahap development. Hal ini dikarenakan keterbatasan waktu penelitian. Instrumen penelitian yaitu meliputi lembar validasi,lembar praktikalitas dan lembar tes. Modul ini divalidasi oleh dua ahli yaitu dosen ahli isi dan tampilan serta dosen ahli bahasa. Pada praktikalitas, modul diuji oleh 1 orang guru dan 27 peserta didik kelas IV B. Pada tahap validasi modul berbasis model pembelajaran contextual teaching and learning memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata 92,39% yaitu dengan rincian aspek isi dan tampilan dengan persentase 92,10% dan aspek bahasa dengan persentase 93,75%. Pada tahap praktikalitas modul berbasis contextual teaching and learning memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata 86,50% dengan rincian angket respon guru 95,83% dan angket respon peserta didik 86,29%. Pada tahap efektivitas memenuhi kriteria tinggi yaitu 0,73. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul berbasis contextual teaching and learning materi pecahan kelas IV SD sangat valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika.Kata kunci : Pengembangan,Pecahan, Modul,Contextual Teaching and learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Mar 2022 07:05
Last Modified: 11 Mar 2022 07:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7927

Actions (login required)

View Item View Item