PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT UNTUK SISWA KELAS VI SDN 13 SURAU GADANG

Nindya, Pratiwi. HR and Rieke, Alyusfitri (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT UNTUK SISWA KELAS VI SDN 13 SURAU GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Teks i.pdf

Download (495kB)
[img] Text
Teks ii.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Teks iii.pdf

Download (35kB)
[img] Text
SKRIPSI Nindya Pratiwi. HR (18-186) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Matematika berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat untuk siswa kelas VI SDN 13 Surau Gadang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design, dan develop. Instrumen penelitian meliputi lembar validitas dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Validator terdiri dari 3 orang dosen ahli yaitu validator materi, bahasa dan desain. Berdasarkan modul yang telah dikembangkan, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi diperoleh presentase kevalidan 93% dengan kriteria sangat valid, dari aspek bahasa diperoleh presentase kevalidan 89% dengan kriteria valid dan dari aspek desain diperoleh presentase kevalidan 93% dengan kriteria sangat valid. Dilihat dari rata-rata validitas modul pembelajaran Matematika berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat memenuhi kriteria sangat valid dengan presentase kevalidan 92,22%. Uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru kelas dan 25 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru diperoleh presentase kepraktisan 98% dengan kriteria sangat praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh dengan presentase kepraktisan 92,25% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Matematika berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) memenuhi kriteria valid dan praktis yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas VI Sekolah Dasar (SD) secara mandiri. Kata Kunci : Pengembangan Modul, Contextual Teaching and Learning (CTL), Pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Mar 2022 06:52
Last Modified: 11 Mar 2022 06:52
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7930

Actions (login required)

View Item View Item