PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KPK DAN FPB UNTUK SISWA KELAS IV SDN 05 SURAU GADANG

Viona, Febriani and Zulfa, Amrina (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KPK DAN FPB UNTUK SISWA KELAS IV SDN 05 SURAU GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Teks i.pdf

Download (773kB)
[img] Text
Teks ii.pdf

Download (326kB)
[img] Text
Teks iii.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Skripsi Viona Febriani (18-177).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Matematika berbasis Dsicovery Learning pada materi KPK dan FPB untuk siswa kelas IV SDN 05 Surau Gadang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembanagn (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design, dan develop. Instrument penelitian meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa).Validator terdiri dari 3 orang dosen ahli yaitu validator materi, bahasa dan desain. Berdasarkan modul yang telah dikembangkan, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi diperoleh presentase validitas 79,16% dengan kriteria cukup valid, dari aspek bahasa bahasa diperoleh presentase kevalidan 87,5% dengan kriteria valid dan dari aspek desain diperoleh presentase kevalidan 81,25% dengan kriteria valid. Dilihat dari rata-rata validitas modul pembelajaran Matematika berbasis Discovery Learning pada materi KPK dan FPB memenuhi kriteria sangat valid dengan presentase kevalidan 85%. Uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru kelas dan 18 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru diperoleh presentase kepraktisan 85,95% dengan kriteri praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh dengan presentase kepraktisan 85,92% dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Matematika berbasis Discovery Learning memenuhi kriteria valid dan praktis yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas VI Sekolah Dasar (SD) secara mandiri. Kata Kunci : Pengembangan Modul, Discovery Learning, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Mar 2022 06:45
Last Modified: 11 Mar 2022 06:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7931

Actions (login required)

View Item View Item