PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SEGI BANYAK UNTUK SISWA KELAS IV SDN 07 IX KOTO KABUPATEN DHARMASRAYA

Hafni, Dwi Putri and Rieke, Alyusfitri (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SEGI BANYAK UNTUK SISWA KELAS IV SDN 07 IX KOTO KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
TEKS I.pdf

Download (820kB)
[img] Text
TEKS II.pdf

Download (380kB)
[img] Text
TEKS III.pdf

Download (286kB)
[img] Text
SKRIPSI HAFNI DWI PUTRI 18-188.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD pembelajaran Matematika berbasis discovery learning pada materi segi banyak untuk siswa kelas IV SDN 07 IX Koto yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design dan develop. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas. Lembar validasi terdiri dari 3 orang dosen ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) terdiri dari 1 orang guru kelas dan 12 orang siswa. Berdasarkan LKPD yang telah dikembangkan, validasi LKPD yang dilakukan dari aspek materi diperoleh persentase kevalidan 90,83% dengan kriteria sangat valid, dari aspek bahasa diperoleh persentase kevalidan 100% dengan kriteria sangat valid, dan dari aspek desain diperoleh kevalidan 97,5% dengan kriteria sangat valid. Dilihat dari rata-rata validitas LKPD pembelajaran Matematika berbasis discovery learning pada materi segi banyak memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase kevalidan 95,66%. Hasil praktikalitas oleh guru diperoleh persentase 97,5% dengan kriteria sangat praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh dengan persentase kepraktisan 91,036% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD pembelajaran Matematika berbasis discovery learning memenuhi kriteria valid dan praktis yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar (SD). Kata Kunci : Pengembangan LKPD, Discovery Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Mar 2022 06:39
Last Modified: 11 Mar 2022 06:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7932

Actions (login required)

View Item View Item