Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis literasi numerasi pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran di kelas VI SD Negeri 09 Surau Gadang.

Gita, Sonia and Ira, Rahmayuni Jusar (2022) Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis literasi numerasi pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran di kelas VI SD Negeri 09 Surau Gadang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
teks 1.pdf

Download (487kB)
[img] Text
teks 2.pdf

Download (237kB)
[img] Text
teks 3.pdf

Download (109kB)
[img] Text
teks 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika berbasis literasi numerasi pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran di SD Negeri 09 surau gadang yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap develop yakni sampai pada tahap praktikalitas. Penelitian ini dilakukan pada semester I dengan materi penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran. Instrumen penelitian ini meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas. Pada proses validasi modul pembelajaran matematika berbasis literasi numerasi divalidasi oleh 3 orang dosen ahli meliputi 1 orang ahli materi, 1 orang ahli bahasa, dan 1 orang ahli desain. Pada proses pratikalitas, modul pembelajaran matematika berbasis literasi numerasi di uji coba kepada 1 orang guru dan 29 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahap validasi modul pembelajaran matematika berbasis literasi numerasi memenuhi kriteria valid dengan persentase penilaian sebesar 87,64%. Pada tahap praktikalitas modul pembelajaran matematika berbasis literasi numerasi ini termasuk kriteria sangat praktis dengan persentase penilaian sebesar 94,34%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis literasi pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran di kelas VI SD memenuhi kriteria valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran matematika khususnya bagi peserta didik kelas VI di Sekolah Dasar. Kata kunci : Modul pembelajaran, Matematika, Literasi numerasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Mar 2022 06:47
Last Modified: 11 Mar 2022 06:47
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7935

Actions (login required)

View Item View Item