PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES SISWA KELAS V SDN 06 KP. LAPAI PADANG

Pangestu, Dilla and Azkiya, Hidayati (2022) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES SISWA KELAS V SDN 06 KP. LAPAI PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover Skripsi Dilla-1-dikonversi (1).pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB 1 Pendahuluan Dilla.pdf

Download (281kB)
[img] Text
Ksimpulan Dan Saran.pdf

Download (157kB)
[img] Text
File Skripsi Dilla-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas diskusi siswa di kelas V SDN 06 Kp. Lapai Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan aktivitas berdiskusi siswa kelas V SDN 06 Kp. Lapai Padang dengan menggunakan model Examples Non Examples. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori aktivitas yang dikemukakan oleh Masitoh, teori hasil belajar yang dikemukakan oleh Hamalik, teori examples non examples yang dikemukakan oleh Shoimin. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, sesuai dengan yang dikemukakan oleh Suharsimi Arikunto. Sumber data adalah siswa kelas V SDN 06 Kp. Lapai Padang berjumlah 28 orang. Instrument yang digunakan adalah lembar penilaian aktivitas diskusi siswa, lembar aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas berdiskusi siswa meningkat rata-rata persentase untuk kategori baik dari siklus I ke siklus II meningkat dari (83,10%) kategori baik menjadi (85,07%) kategori baik meningkat sebanyak (1,91%). Kategori baik (84,28%) menjadi (87,42%) kategori baik meningkat sebanyak (3,14%). Dan aktivitas guru meningkat rata-rata persentase untuk kategori baik dari siklus I ke siklus II meningkat dari (80,35) kategori sangat baik menjadi (91,06%) kategori sangat baik meningkat sebannyak (10,71%). Tentang hasil belajar siswa dalam dua siklus, terlihat bahwa pada siklus I siswa yang tuntas belajar (85,71%) kategori baik sekali dan siswa yang belum tuntas belajar (14,28%), dengan nilai rata-rata. Sedangkan pada siklus II, siswa yang tuntas belajar (96,42%) kategori baik sekali dan siswa yang belum tuntas belajar (3,571%), dengan nilai rata-rata. Jadi hasil belajar siswa sudah mencapai indikator keberhasilan pada pelaksanaan pembelajaran yang dicapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas berdiskusi siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN 06 Kp. Lapai Padang setelah menggunakan model Examples Non Examples.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 14 Mar 2022 00:52
Last Modified: 14 Mar 2022 00:52
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/7969

Actions (login required)

View Item View Item