PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASISCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGPADA TEMA 2UNTUK SISWA KELAS IVSDN 06 TENGAH PADANG KECAMATAN LINGGO SARI BAGANTI, KABUPATEN PESISIR SELATAN

Yolanda, Vant Sisca and Gusnetti, Gusnetti (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASISCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGPADA TEMA 2UNTUK SISWA KELAS IVSDN 06 TENGAH PADANG KECAMATAN LINGGO SARI BAGANTI, KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB I SKRIPSI_YOLANDA VANT SISCA.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB II_PENDAHULUAN_ YOLANDA VANT SISCA_18-145.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB III_KESIMPULAN,SARAN,DAFTAR PUSTAKA_YOLANDA VANT SISCA_19-145.pdf

Download (196kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI_YOLANDA VANT SISCA_18-145.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis contextual teaching and learning pada tema 2 untuk siswa kelas IV SDN 06 Tengah Padang yang valid, praktis, dan efektif. Teori utama yang digunakandalam penilitian ini adalah pendapat Khair (2018) tentang pembelajaran bahasa Indonesia, Daryanto (2013) tentang modul, Komalasari (2011) tentang pendekatan contextual teaching and learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian (R & D) berdasarkan teori Sugiyono (2009), teori Trianto (2015) tentang tahap pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan dissiminate.Validator angket validitas dilakukan oleh 3 dosen ahli. Uji praktikalitas dilakukan oleh guru dan siswa kelas IV SDN 06 Tengah Padang Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Produk sebelumnya dilakukan uji coba skala kecil dan skala terbatas pada siswa SDN 06 Tengah Padang Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, prosedur pengembangan modul dilakukan dengan 4 tahap yaitu, define, pada tahap ini peneliti menganalisis kurikulum, kebutuhan peserta didik, analisis siswa, dan analisis konsep, kemudian tahap design, yaitu menyiapkan buku tematik, menyusun materi, penyusunan modul, dan menyusun desain modul, tahap selanjutnyadevelop yaitu uji validitas, revisi awal, uji praktikalitas, dan uji efektifitas, dan tahap terakhir yaitu dissiminate, dimana dilakukan penyebaran terbatas kepada guru dan siswa kelas IV SDN 06 Tengah Padang. Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata 93,61%. Pada aspek materi (100%), aspek bahasa (85%), dan aspek desain (95,83%). Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan nilai rata-rata 95,45%. Selanjutnya modul dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan nilai rata-rata 95,92%. Modul dikategorikan sangat efektif baik dari hasil uji coba skala terbatas maupun skala kecil yaitu 100%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis contextual teaching and learningpada tema 2 untuk siswa kelas IV SDN 06 Tengah Padang Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan yang dihasilkan sangat valid, sangat praktis, dan efektif sehingga sudah bisa digunakan dalam proses pembelajaran dikelas IV SD. Kata Kunci : pengembangan, modul, contextual teaching and learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 15 Mar 2022 01:32
Last Modified: 15 Mar 2022 01:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8129

Actions (login required)

View Item View Item