Riva, Septia and Gusnetti, Gusnetti (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS IV PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CARD SORT DI SD NEGERI 20 V KOTO KAMPUNG DALAM KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
TEKS 1 RIVA 18-215.pdf Download (786kB) |
|
Text
TEKS 2 RIVA 18-215.pdf Download (324kB) |
|
Text
TEKS 3 RIVA 18-215.pdf Download (409kB) |
|
Text
FULLTEKS-SKRIPSI- RIVA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, yang disebabkan oleh rendahnya pemahaman peserta didik saat membaca literal serta guru belum menggunakan strategi membaca yang efektif, sehingga peserta didik belum optimal memahami pembelajaran dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan strategi Card Sort. Menurut teori Ernedisman yang telah dijelaskan dalam jurnalnya bahwa card sort merupakan kegiatan kolaboratif yang bisa digunakan untuk mengajarkan konsep, karakteristik, klasifikasi, fakta, tentang obyek atau mereview informasi”. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan peserta didik kelas IV SD Negeri V Koto Kampung Dalam dalam membaca dengan menggunakan strategi card sort pada hasil evaluasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindak kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang mana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Model pembelajaran aktif tipe card sort menggunakan fasilitas kartu, dalam kartu tersebut berisi suatu permasalahan yang harus diselesaikan oleh masing-masing peserta didik. Gerakan fisik yang dominan dalam strategi ini dapat membantu mendinamiskan kelas yang jenuh atau bosan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 20 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aspek afektif peserta didik, lembar observasi kegiatan pembelajaran oleh guru, tes hasil belajar peserta didik. Dari pelaksanaan penelitian ini bisa disimpulkan bahwa pada penggunaan metode card sort dapat mengoptimalkan potensi yang ada pada diri peserta didik karena dengan metode ini peserta didik diharuskan terlibat aktif dalam proses pembelajaran, dengan demikian penggunaan strategi card sort dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan membaca peserta didik yaitu persentase keterampilan membaca peserta didik mengalami peningkatan dari 45,45 % pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 84,84% pada siklus II. Kata Kunci : bahasa indonesia, aktivitas membaca peserta didik, strategi card sort
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 06:25 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 06:25 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8155 |
Actions (login required)
View Item |