PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

annisa, fitri and yulfia, nora (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER HALAMAN PENGESAHAN ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (759kB)
[img] Text
ii. PENDAHULUAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text
iii. KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
iv. SKRIPSI ANNISA FITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis Kontekstual pada pembelajaran IPS untuk siswa kelas V sekolah dasar yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah pengembangan 4-D yaitu define, design, development dan disseminate. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan (development) yaitu tahap uji coba. Pada tahap validasi, modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada tahap praktikalitas modul diujicobakan pada 1 orang guru dan 15 orang siswa. Berdasarkan analisis data validitas yang dilakukan bahwa validitas ahli materi 88%, bahasa 84,09% dan desain 91,66% dari ketiga validator tersebut mendapatkan nilai rata-rata 88,42% dengan kriteria valid. Data untuk praktikalitas oleh guru 88,63%, nilai angket siswa dari praktikalitas siswa 87,12% dari kedua hasil praktikalitas mendapatkan nilai rata-rata 87,21% dengan kriteria praktis. Hal ini menunjukan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis Kontekstual pada siswa kelas V SD Negeri 04 Koto Ranah valid dan praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar atau bahan ajar untuk siswa maupun guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 15 Mar 2022 07:03
Last Modified: 15 Mar 2022 07:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8166

Actions (login required)

View Item View Item