annisa, fitri and yulfia, nora (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
i. COVER HALAMAN PENGESAHAN ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf Download (759kB) |
|
Text
ii. PENDAHULUAN.pdf Download (183kB) |
|
Text
iii. KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) |
|
Text
iv. SKRIPSI ANNISA FITRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis Kontekstual pada pembelajaran IPS untuk siswa kelas V sekolah dasar yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah pengembangan 4-D yaitu define, design, development dan disseminate. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan (development) yaitu tahap uji coba. Pada tahap validasi, modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada tahap praktikalitas modul diujicobakan pada 1 orang guru dan 15 orang siswa. Berdasarkan analisis data validitas yang dilakukan bahwa validitas ahli materi 88%, bahasa 84,09% dan desain 91,66% dari ketiga validator tersebut mendapatkan nilai rata-rata 88,42% dengan kriteria valid. Data untuk praktikalitas oleh guru 88,63%, nilai angket siswa dari praktikalitas siswa 87,12% dari kedua hasil praktikalitas mendapatkan nilai rata-rata 87,21% dengan kriteria praktis. Hal ini menunjukan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis Kontekstual pada siswa kelas V SD Negeri 04 Koto Ranah valid dan praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar atau bahan ajar untuk siswa maupun guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 07:03 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 07:03 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8166 |
Actions (login required)
View Item |