PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR BERSERIBERBASIS POP-UP BOOK PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELASIVSDN 31 KUMPULAN BANANG AIRHAJI PESISIR SELATAN

Putri, Febri Safmita and Syofiani, Syofiani (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR BERSERIBERBASIS POP-UP BOOK PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELASIVSDN 31 KUMPULAN BANANG AIRHAJI PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. cver sampai dftr isi.pdf

Download (994kB)
[img] Text
ii. BAB 1 PENDAHULUAN-dikonversi.pdf

Download (213kB)
[img] Text
iii. BAB V PWNUTUP-dikonversi.pdf

Download (55kB)
[img] Text
FULL Text SKRIPSI PUTRI 18-020 OKK kk (1) (pdf.io).pdf
Restricted to Repository staff only until 14 May 2022.

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang peneltian ini adalah kurangnya penggunaan media saat proses pembelajaran. Bahan ajar yang digunakan sebelumnya hanya berupa buku tema dan Lembar kerja siswa(LKS), sehingga siswa merasa bosan dan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran masih konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media media pembelajaran gambar berseri berbasis Pop-Up Book pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 31 Kumpulan Banang Air Haji Pesisir Selatan yang valid, praktis, efektif. Teori yang digunakan adalah media,Indriana( 2011:6) menulis, Dalman (2015) gambar berseri, sadirman (2008:29) dan Pop-Up Book, Dzuanda (2011:23). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan/Research and development. Model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu Define, design, development and disseminate.Karena adanya keterbatasan waktu, maka penelitian hanya sampai pada fase development (3-D).Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, untuk uji praktikalitas dilakukan pada guru dan siswa kelas IV SDN 31 Kumpulan Banang Air Haji Pesisir Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan rata-rata (97,44%) baik dari aspek materi (96,87%) aspek desain (95,45%) dan aspek bahasa (100%). Media yang dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata persentase (93,33%). Serta dokategorikan sangat praktis oleh peserta didik dengan rata-rata persentase (94,55%). Hasil penelitian pada uji efektivitas dikategorikan (100%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran gambar berseri berbasis Pop-Up Book pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 31 Kumpulan Banang Air Haji Pesisir Selatan yang dihasilkan sangat valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar. Kata kunci :pengembangan, media, menulis, gambar berseri, pop-up book

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 16 Mar 2022 06:33
Last Modified: 16 Mar 2022 06:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8307

Actions (login required)

View Item View Item