PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MODEL MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS IV SD PLUS MUHAMMADIYAH KOTA SUNGAI PENUH PROVINSI JAMBI

Khairun, Nisa Siregar and M, Sayuti (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MODEL MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS IV SD PLUS MUHAMMADIYAH KOTA SUNGAI PENUH PROVINSI JAMBI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. cover, halaman pengesahan, daftar isi, lampiran (3).pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (259kB)
[img] Text
iii. bab v kesimpulan dan saran.pdf

Download (215kB)
[img] Text
SKRIPSI lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yakni belum tersedianya modul Pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis model mind mapping. Teori yang digunakan pada penelitian ini yakni modul pembelajaran terdapat pada Daryanto (2013:9), Pembelajaran Bahasa Indonesia Depdiknas (2007:124), hakikat membaca Ghazali (2010:208), gagasan pokok dan gagasan pendukung (Ifrianti , 2015),dan mind mapping (Shoimin 2015:184). PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanmodulpembelajaranBahasa Indonesia berbasis model mind mapping untuk siswa kelas IV SD Plus Muhammadiyah Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi Provinsi Jambi dengan materi gagasan pokok dan gagasan pendukung yang memenuhi kriteria valid, sangat praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah research dan development atau penelitian pengembangan. Model penelitianyangdigunakanadalahmodelpengembangan3-Dyaitudefine, design, dan develop. Instrumen penelitian meliputi lembar validitas, lembar praktikalitas, dan lembar efektivitas. Penelitian ini dilakukan berdasarkan uji coba skala terbatas dan skala kecil, Pada proses uji validitas modul pembelajaranBahasaIndonesiaberbasismodelMindMappingdivaliditas oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli bahasa, dan 1 orang ahli design. Namun pada proses uji coba praktikalitas Modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis model Mind Mapping diujicobakepada 1 orang guru kelas IV dan 20 orang siswa kelas IV. Setelah diuji praktikalitasnya oleh guru dan siswa, siswa diberi soal Pre Test dan Posttest sebanyak 10 soal pada soal objektif dan 10 soal pada soal isian. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan Modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis model Mind Mapping yang memenuhi kriteria valid dengan presentase 87,66%, pengembangan Modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis model Mind Mapping memenuhi kriteria sangat praktis dengan presentase 93,2%, dan 90% efektif. maka disimpulkan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis model mind mapping valid, sangat praktis, dan efektif digunakan siswa kelas IV dalampelaksanaan pembelajaran diSD. Kata kunci: modul pembelajaran, Bahasa Indonesia, model mind mapping, valid, praktis, dan efektiv.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 16 Mar 2022 07:30
Last Modified: 16 Mar 2022 07:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8312

Actions (login required)

View Item View Item