PENGEMBANGAN E-MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS POWER POINT YANG INTERAKTIF SISWA KELAS IV SDN 35 PAGAMBIRAN KOTA PADANG

Fitria, Suci Martind and Wirnita, Eska (2022) PENGEMBANGAN E-MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS POWER POINT YANG INTERAKTIF SISWA KELAS IV SDN 35 PAGAMBIRAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover Fitria Suci Martind 18-158.pdf

Download (888kB)
[img] Text
Bab Pendahuluan Fitria Suci Martind 18-158.pdf

Download (431kB)
[img] Text
Bab Kesimpulan Fitria Suci Martind 18-158.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Fullteks Skripsi Fitria Suci Martind 18-158.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 May 2022.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian dilakukan di SDN 35 Pagambiran Kota Padang pada kelas IV.B yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya fasilitas belajar seperti guru tidak menggunakan media pembelajaran dan belum menggunakan modul. Bahan ajar yang digunakan oleh guru hanya buku tema saja dan metode yang digunakan oleh guru masih konvensional, sehingga cenderung membuat siswa cepat bosan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Power Point yang Interaktif pada materi gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan tampilan media yang menarik sehingga menimbulkan semangat pada siswa dalam proses pembelajaran. Teori yang digunakan adalah pembelajaran sesuai pendapat Parwati, dkk (2019), teori media pembelajaran sesuai pendapat Sukiman (2012) dan Marisa, dkk (2014), dan teori gagasan pokok sesuai pendapat Rahardi (2010) dan Maimunah (2011).Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD) yang dikemukakan oleh Trianto dengan model prosedur 4D. Tahap penelitian ini terdiri dari define (pendefenisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan tahap disseminate (penyebaran). (1) penelitian yang dilakukan hanya sampai tahap development (3D), (2) validator kuesioner dilakukan oleh tiga ahli, (3) uji praktikalitas dilakukan oleh siswa dan guru, (4) uji efektivitas dilakukan oleh siswa kelas IV.B. Hasil penelitian media pembelajaran dinyatakan sangat valid oleh validator dengan rata-rata nilai yaitu 96%, rata-rata validitas ini dapat dilihat dari masing-masing penilaian yang diberikan oleh validator seperti aspek kelayakan desain mendapat nilai 90%, aspek kelayakan materi mendapatkan nilai 100%, dan aspek kelayakan bahasa mendapatkan nilai 98%. Media yang telah dikembangkan dan dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata nilai 91%. Serta dinyatakan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata nilai 91%. Hasil penelitian pada uji efetivitas dikategorikan sangat efektif dengan rata-rata persentase 94,5%, hasil tes yang dicapai oleh siswa sudah melebihi KKM yaitu 75%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Power Point yang Interaktif untuk siswa kelas IV SDN 35 Pagambiran dinyatakan sangat valid, praktis, dan efektiv untuk digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia.siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 16 Mar 2022 09:16
Last Modified: 16 Mar 2022 09:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8342

Actions (login required)

View Item View Item