PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER SISWA KELAS IV SDN 13 SURAU GADANG PADANG

Iqbal, Hussein Nurcholish and Wirnita, Eska (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER SISWA KELAS IV SDN 13 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (501kB)
[img] Text
PENDAHULUAN BAB 1.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP, daftar rujukan.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Iqbal Ganteng banget loch (1)-converted.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 May 2022.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya fasilitas belajar seperti tidak adanya modul pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran yang mana hanya buku paket menjadi acuan pembelajaran sehingga siswa sering merasa bosan, dan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran masih konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Model Numbered Heads Togetherdi Siswa Kelas IV SDN 13 Surau Gadang Padang yang Valid, Praktis, dan Efektif..Teori yang digunakan yaitu teori dari Susanto dan Hamalik pembelajaran Bahasa Indonesia, Nurgiyantoro non fiksi, Daryanto dan Susanti modul pembelajaran, dan ibrahim model Numbered Heads Togheter. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan/ Research and Development. Modul penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu Define, design, Development, dan disseminate. Karena keterbatasan pengetahuan, kemampuan dan waktu, maka penelitian hanya sampai pada fase Development (3D). Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, untuk uji praktikalitas dilakukan pada guru dan siswa kelas IV SDN13 Surau Gadang Padang, dan untuk uji efektivitas merupakan hasil tes siswa kelas IV SDN 13 Surau Gadang Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan valid oleh validator dengan nilai rata-rata (89,2%) baik dari aspek kelayakan isi (91,4%), aspek penyajian dan tampilan (92,3%), dan aspek bahasa (84%). Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata presentase (91,66%). Serta dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata presentase (93,47%). Hasil Penelitian pada uji efektivitas dikategorikan (100%). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Model Numbered Heads Togetherdi Siswa Kelas IV SDN 13 Surau Gadang Padang yang dihasilkan sangat valid, sangat praktis dan efektif sehingga sudah bisa digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV SD. Kata kunci : pengembangan, modul, ,odel numbered heads together, bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 16 Mar 2022 09:20
Last Modified: 16 Mar 2022 09:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8343

Actions (login required)

View Item View Item