Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Inkuiri Kelas III SD Negeri 04 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat

Halimah, Ulfa and MARSIS, MARSIS (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Inkuiri Kelas III SD Negeri 04 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAGIAN 1 COVER DAN HALAMAN PENGESAHAN .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAGIAN II PENDAHULUAN.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAGIAN III KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)
[img] Text
SKRIPSI ULFA BISMILLAH 17-117 PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, yang disebabkan oleh guru belum menggunakan model dan pendekatan pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran serta belum adanya modul yang menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Inkuirin Pada Materi Kalimat Saran Untuk Siswa Kelas III SD Negeri 04 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode 4-D yang telah dimodifikasi menjadi tahap define, design, development dan disseminate, karena keterbatasan waktu dan kemampuan peneliti maka:(1) peneliti hanya sampai pada fase development (3D), (2) Validator angket validasi dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, (3) uji praktikalitas dilakukan oleh guru dan siswa kelas III SD, dan (4) uji efektivitas dilakukan oleh siswa kelas III SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata (91,63) dilihat dari aspek kelayakan isi (92,40), aspek penyajian dan tampilan (95), dan aspek bahasa (87,5). Hasil penelitian pada uji efektivitas dikategorikan efektif (100%) karena hasil tes siswa lebih dari KKM yaitu 75%. Modul yang dihasilkan diketegorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata persentase (89,58%) serta dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata (88,79%). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Inkuiri untuk siswa kelas III SDN 04 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat dinyatakan sangat valid, praktis, dn efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas III.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:10
Last Modified: 17 Mar 2022 02:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8360

Actions (login required)

View Item View Item