PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PPKn BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Dolla, Monika and Darwianis, Darwianis (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PPKn BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAGIAN I COVER DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAGIAN II PENDAHULUAN.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAGIAN III KESIMPULA, SARAN, DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran PPKn berbasis pendekatan konstruktivisme untuk siswa kelas IV SD yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and development) dengan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiangarajan dan Semmel. Namun karena keterbatasan waktu dan kemampuan maka dalam penelitian ini peneliti sampai pada tahap 3-D yaitu define, desingn, dan develop. Instrument penelitian ini meliputi lembar angket validasi dan praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Modul pembelajaran PPKn berbasis pendekatan konstruktivisme divalidasi oleh 3 validator, yaitu validator ahli materi, validator ahli bahasa, dan validator ahli desain, sedangkan penilaian praktikalitas diperoleh dari 1 orang guru dan 12 orang siswa. Berdasarkan penelitian pengembangan modul pembelajaran PPKn berbasis pendekatan konstruktivisme untuk siswa kela IV SD memenuhi kriteria valid dengan presentase 88% yang didapatkan dari lembar validasi ahli materi dengan persentase 83,7% kriteria valid, ahli bahasa dengan persentase 97,7% kriteria sangat valid, dan ahli desain dengan persentase 86,7% kriteria valid. Data untuk praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) mendapatkan 90,1% yang didapatkan dari lembar angket respon guru dengan presentase 90,9% kriteria sangat praktis dan lembar respon angket siswa dengan persentase 89,2% kriteria praktis. Jadi ,dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran PPKn berbasis pendekatan konstruktivisme memenuhi kriteria valid dan sangat praktis serta dapat digunakai sebagai modul pembelajaran PPKn di kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 17 Mar 2022 01:57
Last Modified: 17 Mar 2022 01:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8371

Actions (login required)

View Item View Item