KEMAMPUAN MENGGUNAKAN KATA PENGHUBUNG PADA KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 LEBONG PROVINSI BENGKULU

Egi, Prasetyo and M., Sayuti and Romi, Isnanda (2022) KEMAMPUAN MENGGUNAKAN KATA PENGHUBUNG PADA KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 LEBONG PROVINSI BENGKULU. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL EGI PRASETYO.pdf

Download (887kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN EGI PRASETYO.pdf

Download (24kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI EGI PRASETYO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Egi Prasetyo, 2021, Skripsi “Kemampuan Menggunakan Kata Penghubung pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Lebong Provinsi Bengkulu”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta. Karangan deskripsi berisi kumpulan beberapa paragraf deskripsi atau bisa disebut juga paragraf lukisan, yakni melukiskan atau menggambarkan apa saja yang dilihat di depan mata penulisnya (Akhlakulkharomah, 2014). Kata penghubung adalah kata-kata yang menghubungkan satuan-satuan sintaksis, baik antara kata dengan kata, antara frase dengan frase, antara klausa dengan klausa, atau antara kalimat dengan kalimat (Sari. 2014). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Lebong Provinsi Bengkulu dan mendeskripsikan kemampuan menggunakan kata penghubung dalam karangan deskripsi siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Lebong Provinsi Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri Lebong. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara : (1) memberikan ulasan tentang jenis-jenis karangan; (2) mengumpulkan hasil karangan yang telah ditulis siswa; (3) membaca dengan teliti data yang telah dikumpulkan; (4) memberikan skor berdasarkan tabel pedomanan penilaian; (5) mencari nilai rata-ratanya. Teknik analisis data dilakukan dengan cara : (1) membaca karangan deskripsi siswa; (2) menghitung skor karangan siswa dengan rumus; (3) menghitung nilai rata-rata siswa dengan rumus. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan ditemukan sebanyak 28 orang siswa yang menjadi subjek penelitian memperoleh nilai rata-rata dengan rincian sebagai berikut: 2 orang siswa dengan nilai rata-rata 75 (mampu), 7 orang siswa dengan rata-rata 65 (cukup mampu), 19 orang siswa dengan nilai rata-rata 53,75 (kurang mampu). Nilai angka 58,66 berada rerata 40-59 dari penilaian menulis karangan deskriptif, sehingga dapat dikategorikan siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 6 Lebong dalam kemampuan menulis karangan deskriptif ke dalam kriteria kualitas kamampuan Kurang Mampu. Penggunaan kata penghubung dalam menulis karangan deskripsi siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 6 Lebong adalah dengan kategori kurang mampu karena penggunaan kata penghubung yang mereka gunakan terlalu sedikit. Kata Kunci: Kata Penghubung, Karangan Deskrptifi, SMP

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: PINDO FKIP
Date Deposited: 18 Mar 2022 01:39
Last Modified: 18 Mar 2022 01:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8464

Actions (login required)

View Item View Item