PELAKSANAAN PELAYANAN TERHADAP PASIEN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. RASIDIN PADANG

Salsa, Nabila Humaira and Adri, Adri (2022) PELAKSANAAN PELAYANAN TERHADAP PASIEN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. RASIDIN PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER SALSA NABILA HUMAIRA.pdf

Download (937kB)
[img] Text
BAB I SALSA NABILA HUMAIRA.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB IV SALSA NABILA HUMAIRA.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SALSA NABILA HUMAIRA.pdf

Download (288kB)
[img] Text
SKRIPSI SALSA NABILA HUMAIRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hak atas kesehatan merupakan salah satu hak asasi yang harus dipenuhi dan telah dijamin oleh konstitusi. Jaminan kesehatan yang diberikan berupa kemudahan akses kesehatan, biaya kesehatan yang terjangkau, fasilitas kesehatan yang memadai dan tindakan medis yang sesuai. Pemerintah menyediakan Jaminan Kesehatan Nasional yaitu Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS). Rumusan Masalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pelayanan BPJS dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Rasidin di kota Padang? 2) Bagaimana fasilitas pelayanan kesehatan BPJS dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan kepada pasien di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Rasidin di kota Padang? Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis. Teknik Pengumpulan data dengan wawancara pasien, tenaga kesehatan dan pegawai BPJS Kesehatan bagian rekam medis. Hasil penelitian 1) bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tenaga medis terhadap pasien sudah cukup baik, namun masih ada ketimpangan yang diberikan terhadap pasien kelas bawah, serta masih adanya birokrasi pelayanan BPJS Kesehatan yang cukup lambat untuk akses akan hak pasien BPJS Kesehatan. 2) bahwa fasilitas kesehatan yang disediakan baik itu fasilitas umum maupun fasilitas kesehatan perorangan sudah cukup baik bagi pasien BPJS Kesehatan perkelas yang sudah memenuhi Standard Pelayanan, namun ada beberapa fasilitas yang masih kurang seperti pemberian obat yang kurang berkualitas terhadap pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:50
Last Modified: 18 Mar 2022 03:50
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8487

Actions (login required)

View Item View Item