Analisis Strategi Pemasaran Produk Olahan Ikan di Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Pariaman

rona eka maya, sari and Junaidi, Junaidi and Yusra, Yusra (2022) Analisis Strategi Pemasaran Produk Olahan Ikan di Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Pariaman. Masters thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Tesis Rona COVER sd DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Tesis Rona BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Tesis Rona BAB PENUTUP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full TESIS Rona Eka Maya Sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Usaha Perikanan Menengah Pariaman Jl. Simpang Toboh V Koto, Kampung Dalam, Pasir, Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat. Penelitian dilakukan bulan Maret sampai bulan April 2021. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi peningkatan pemasaran produk olahan ikan di SUPM Pariaman dan menganalisis strategi peningkatan pemasaran produk olahan ikan di SUPM Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian survey. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder menggunakan metode wawancara, observasi dan Focus Group Discussion. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dan SWOT. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor yang mempengaruhi tingkat penjualan produk olahan ikan di SUPM Pariaman adalah faktor produk (t hit 3,007 > t tabel 1,67252) dan harga (t hit 2,175 > t tabel 1,67252). Sedangkan faktor distribusi dan promosi tidak berpengaruh terhadap Tingkat Penjualan produk olahan ikan di SUPM Pariaman. Strategi peningkatan pemasaran produk olahan ikan di SUPM Pariaman berada pada kuadran I yang artinya adalah mendukung strategi SO yaitu strategi agresif. Strategi yang dapat dilakukan yaitu: (1) Memanfaatkan keunggulan produk yaitu produk olahan yang diprodusi tidak menggunakan pengawet dan Bahan baku pembuatan olahan mudah didapat untuk memacu kemungkinan adanya diversifikasi produk yang lebih kreatif; (2) Dengan adanya legalitas perizinan tentang olahan yang di produksi sehingga akan memicu peran pemerintah yang mendukung dengan banyaknya bantuan yang diberikan untuk UMKM; (3) Harga produk olahan yang terjangkau oleh masyarakat dan produk olahan ikan bisa dikonsumsi dari anak-anak sampai lansia sehingga memicu tercapainya peluang daerah pemasaran yang luas. kata Kunci: Produk Olahan Ikan, SWOT, Regresi Berganda

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Depositing User: SP2K Magister
Date Deposited: 28 Mar 2022 01:17
Last Modified: 28 Mar 2022 01:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8622

Actions (login required)

View Item View Item