PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PICTURE AND PICTURE PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 KELAS IV SDN 01 V KOTO KAMPUNG DALAM

Citra, Marela Aspika and Enjoni, Enjoni (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PICTURE AND PICTURE PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 KELAS IV SDN 01 V KOTO KAMPUNG DALAM. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, HALAMAN PENGESAHAN, DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis picture and picture pada tema 6 subtema 1 kelas IV SDN 01 V Koto Kampung Dalam yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Sebagai penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan modivikasi model 3-D yaitu terdiri dari tahap define, design, dan development. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi yang terdiri dari validasi aspek materi, bahasa, dan desain, serta angket praktikalitas untuk guru dan siswa.Validitas dilakukan oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator aspek materi, aspek bahasa dan aspek desain. Pada proses praktikalitas, modul diuji cobakan oleh 1 orang guru dan 11 siswa kelas IV SD. Berdasarkan validasi modul oleh validator pada masing-masing aspek diperoleh nilai yaitu aspek materi 3,40 dengan kriteria valid, aspek bahasa 3,93 dengan kriteria sangat valid dan aspek desain 3,61 dengan kriteria sangat valid, dengan rata-rata 3,64 dengan kriteria sangat valid. Sedangkan hasil praktikalitas oleh guru adalah 90,00% dengan kriteria sangat praktis dan praktikalitas oleh siswa adalah 94,42% dengan kriteria sangat praktis. Rata-rata hasil praktikalitas oleh guru dan siswa adalah 92,21% dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis picture and picture yang dihasilkan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran IPA. Sehingga sudah bisa digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:06
Last Modified: 01 Aug 2022 02:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8820

Actions (login required)

View Item View Item