PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA METERI ENERGI ATERNATIF DI KELAS IV SD NEGERI 13 SIMANCUANG KABUPATEN SOLOK SELATAN

Devi, Fetri Melisa and Siska, Angreni (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA METERI ENERGI ATERNATIF DI KELAS IV SD NEGERI 13 SIMANCUANG KABUPATEN SOLOK SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis CTL pada pembelajaran IPA materi energi alternatif di kelas IV SD Negeri 13 Simancuang Kabupaten Solok Selatan yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design, dan develop. Instrument penelitian meliputi lembar validitas dan lembar praktikalitas. Validator terdiri dari 3 orang dosen ahli yaitu validator materi, bahasa, dan desain. Dari analisis data validasi diperoleh rara-rata keseluruhan nilai validitas dari 3 validator sebesar 0,87 dengan kriteria Aiken’s v tinggi, dengan rincian dari aspek materi memperoleh nilai 0,76, dari aspek bahasa memperoleh nilai 0,97, dan dari aspek desain memperoleh nilai 0,89. Hasil praktikalitas oleh guru diperoleh rata-rata persentase 85,4% dengan kriteria sangat praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh dengan rata-rata persentase 94,25% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis CTL pada pembelajaran IPA memenuhi kriteria valid dan praktis yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV SD. LKPD ini dikembangkan dapat meningkatkan sikap ilmiah dan minat belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:11
Last Modified: 01 Aug 2022 02:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8825

Actions (login required)

View Item View Item