PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN KELAS VI SDN 03 BANDAR BUAT KOTA PADANG

Gebby, Pebria Efendi and Gusmaweti, Gusmaweti (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN KELAS VI SDN 03 BANDAR BUAT KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (840kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis Project Based Learning materi perkembangbiakan tumbuhan kelas VI SDN 03 Bandar Buat Kota Padang yang valid, dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yaitu define, design, development, dan disseminate. Peneliti membatasi model pengembangan pada penelitian ini hingga tahap ketiga (3-D) yaitu tahap define, design, dan development. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi oleh 3 orang dosen ahli yaitu ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa. Sedangkan uji praktikalitas dilakukan oleh 1 pendidik dan 18 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan penilaian dari dosen ahli materi meliputi aspek kelayakan isi dengan nilai (3,75) kategori sangat valid dan aspek keterpaduan (3,71) kategori sangat valid. Hasil penilaian dari dosen ahli desain meliputi aspek komponen penyajian (3,75) kategori sangat valid, dan aspek kegrafisan (3,14) kategori valid. Hasil penilaian dari dosen ahli bahasa meliputi aspek kebahasaan (3,60) kategori sangat valid. Dari ketiga hasil penilaian dosen ahli, diperoleh rata-rata keseluruhan 3,59 dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas oleh pendidik diperoleh rata-rata (98%) kategori sangat praktis dan hasil uji praktikalitas oleh peserta didik diperoleh rata-rata (87,63%) dan dikategorikan sangat praktis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis Project Based Learning materi perkembangbiakan tumbuhan kelas VI SDN 03 Bandar Buat Kota Padang yang dihasilkan sangat valid, dan sangat praktis. Sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA di kelas VI SD oleh pendidik, dan untuk peneliti lain disarankan untuk dapat mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis Project Based Learning pada materi lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:55
Last Modified: 01 Aug 2022 01:55
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8827

Actions (login required)

View Item View Item