PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS III SDN 06 TENGAH PADANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Rahma, Dilla and Darwianis, Darwianis (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS III SDN 06 TENGAH PADANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HAL PENGESAHAN, ABSTRAK,DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran PKn berbasis Contextual Teaching and Learning Untuk Siswa Kelas III SDN yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian pengembangan, model penelitian pengembangan yang digunakan adalah 4-D yaitu define, disign, development, dan disseminate. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan (development) yaitu tahap uji coba. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 dengan Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan, Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, modul diuji cobakan oleh 1 orang guru dan 24 orang siswa. Persentase validitas modul oleh ahli materi yaitu 91,6% dengan kriteria sangat valid, Persentase validitas modul oleh ahli desain yaitu 94,4% dengan kriteria sangat valid. Persentase validitas modul oleh ahli bahasa yaitu 95% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil validitas modul pembelajaran PKn berbasis Contextual Teaching and Learning untuk siswa kelas III Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 93,6%. Dan persentase praktikalitas modul oleh guru yaitu 98,4% dengan kriteria sangat valid, persentase praktikalitas modul ole siswa 94,3% dengan kriteria sangat valid. Hasil praktikalitas memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 96,3% jadi dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran PKn berbasis Contextual Teaching and Learning pada kelas III SD sudah valid, dan praktis digunakan sebagai salah satu sumber dalam pembelajaran PKn dikelas III SD (Sekolah Dasar). Kata Kunci : Modul, Pembelajaran PKn, Contextual Teaching and Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:56
Last Modified: 03 Aug 2022 02:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8976

Actions (login required)

View Item View Item