PENGEMBANGAN LKPD MATERI BILANGAN PECAHAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS IV SDN O7 SILAUT

Vivien, Vivien and Ira, Rahmayuni Jusar (2022) PENGEMBANGAN LKPD MATERI BILANGAN PECAHAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS IV SDN O7 SILAUT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (717kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB)
[img] Text
FULLTEXT SKRIPSI (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD pembelajaran matematika materi bilangan pecahan dengan menggunakan model Problem Based Learning untuk kelas IV SDN 07 Silaut. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian pengembangan (Research and development) dengan model penelitian yang digunakan adalah tipe-4D yaitu define, dsign, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai di tahap develop yakni sampai pada tahap praktikalitas. Penelitian ini dilakukan pada semester 1 dengan materi bilngan pecahan. Penelitian ini meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas. Pada proses validasi, LKPD divalidasi oleh 3 orang dosen ahli meliputi 1 orang ahli didaktik da nisi, 1 orang ahli bahasa, dan 1 orang ahli tampilan. Pada proses praktikalitas, LKPD di uji coba kepada 1 orang pendidik dan 20 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahap validasi LKPD dengan model Problem Based Learning ini termasuk kriteria valid dengan presentase penilaian sebesar 83,96%. Pada tahap praktikalitas LKPD dengan model Problem Based Learning ini termasuk kriteria praktis dengan presentase penilaian sebesar 89,44%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning pada pembelajaran matematika materi bilangan pecahan untuk kelas IV SD memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran matematika khususnya bagi peserta didik kelas IVdi Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 03 Aug 2022 03:00
Last Modified: 03 Aug 2022 03:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8992

Actions (login required)

View Item View Item