Delia, Arlin and Yusri, Wahyuni (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KELAS X MIPA SMAN 13 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
BAB COVER-DAFTAR ISI.pdf Download (663kB) |
|
Text
BAB PENDAHULUAN.pdf Download (509kB) |
|
Text
BAB PENUTUP.pdf Download (87kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
|
Text
FULLTEXT SKRIPSI DELIA ARLIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis sangat dibutuhkan untuk dikembangkan di sekolah terutama dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataannya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X MIPA 2 masih rendah, selama pembelajaran peserta didik hanya fokus pada rumus akhir yang diberikan guru dan belum terlihat mencoba memahami langkah-langkah dalam memperoleh rumus dan hanya menyalin ke catatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika kelas X MIPA SMAN 13 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA 2 SMAN 13 Padang. Pengambilan sampel didasarkan pada teknik purposive sampling dengan kelas sampel yaitu kelas X MIPA 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis peserta didik kemudian melakukan wawancara dengan enam orang peserta didik berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis pada masing-masing kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada setiap kelompok yaitu kelompok tinggi kategorinya adalah peserta didik mampu menguasai tiga sampai empat indikator, kelompok sedang kategorinya adalah peserta didik mampu menguasi dua indikator, dan kelompok rendah kategorinya adalah peserta didik mampu menguasai satu indikator atau tidak menguasai satupun indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X MIPA 2 SMAN 13 Padang pada kelompok tinggi adalah 21,21%, kelompok sedang adalah 63,63%, dan kelompok rendah adalah 15,15%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada pihak sekolah terutama guru mengenai kemampuan berpikir kritis peserta didik. Oleh karna, itu dengan adanya penelitian ini guru dapat memberikan latihan-latihan dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PMAT FKIP |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 06:05 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 06:05 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9069 |
Actions (login required)
View Item |