PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS X AKUNTANSI DI SMKN 3 PADANG

Histin Anggraini, Gunawan and M., Nursi (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS X AKUNTANSI DI SMKN 3 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-PENGESAHAN-ABSTRAK-DAFTAR ISI.pdf

Download (583kB)
[img] Text
LATAR BELAKANG.pdf

Download (99kB)
[img] Text
KESIMPULAN-SARAN-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] Text
SKRIPSI HISTIN ANGGRAINI GUNAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS X AKUNTANSI DI SMKN 3 PADANG Histin Anggraini Gunawan1, M. Nursi1 1Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: histinanggrainigunawan@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di kelas X Akuntansi SMK Negeri 3 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis pretest dan posttest control group design. Dalam design ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random, kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal penelitan untuk melihat adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 105 orang peserta didik kelas X Akuntansi SMK Negeri 3 Padang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 72 orang peserta didik yaitu kelas X Akuntansi 1 dan X Akuntansi 2. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kelas Eksperimen mengalami peningkatan 10 dan untuk kelas kontrol mengalami peningkatan 10,08 dari perolehan hasil posttest. (2) Hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata yaitu 76,83. (3) Hasil belajar PPKn peserta didik pada kelas kontrol menunjukkan nilai rata-rata yaitu 67,59. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t statitstik menunjukkan thitung>ttable dengan nilai thitung 6,462 dan nilai ttabel sebesar 2,740, pada taraf nyata signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar PPKn siswa kelas X Akuntansi, dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran terlaksana sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Ha di terima. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar PPKn, Pretest and Posttest Control Group Design THE INFLUENCE OF PROBLEM-BASED LEARNING MODELS LEARNING (PBL) ON PPKN LEARNING OUTCOMES CLASS X ACCOUNTING AT SMKN 3 PADANG Histin Anggraini Gunawan1, M. Nursi1 1Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: histinanggrainigunawan@gmail.com ABSTRACT This study aims to determine the effect of using the Problem Based Learning model on student learning outcomes in Civics subjects in class X Accounting at SMK Negeri 3 Padang. This research is an experimental research type of pretest and posttest control group design. In this design, there are two groups selected randomly, then given a pretest to determine the initial state of the study to see if there is a difference between the experimental group and the control group. The population in this study consisted of 105 students of class X Accounting at SMK Negeri 3 Padang. The sample in this study consisted of 72 students, namely class X Accounting 1 and X Accounting 2. Data collection techniques were carried out by testing. The results showed that, (1) the experimental class had an increase of 10 and the control class had an increase of 10.08 from the posttest results. (2) The learning outcomes of students in the experimental class showed an average value of 76.83. (3) The PPKn learning outcomes of students in the control class showed an average score of 67.59. Hypothesis testing using statistical t-test showed tcount> ttable with a tcount value of 6.462 and a t-table value of 2.740, at a significant level of 0.05. The results of this study indicate that the results of Civics learning for class X Accounting students in planning and implementing learning are very good. Based on the results of the study, it can be concluded that the use of the Problem Based Learning model on learning outcomes in the subjects of Pancasila Education and Citizenship Ha is accepted. Keywords: Problem Based Learning, Civics Learning Outcomes, Pretest and Posttest Control Group Design

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: PPKn FKIP
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:26
Last Modified: 04 Aug 2022 02:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9110

Actions (login required)

View Item View Item