Yeli, Andani and Rita, Desfitri (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMAN 13 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER-DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB PENDAHULUAN.pdf Download (653kB) |
|
Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) |
|
Text
FULLTEKS SKRIPSI YELI ANDANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya pemahaman konsep peserta didik kelas X IPS SMAN 13 Padang pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak. Selain itu hasil dari nilai ujian tengah semester peserta didik masih banyak kurang dari KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemahaman konsep persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak pada peserta didik kelas X IPS SMAN 13 Padang. Untuk melihat analisis kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada penelitian dilihat dari empat indikator yaitu: (1) menulis ulang sebuah konsep; (2) menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis; (3) menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu; (4) mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan pemahaman konsep persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak pada peserta didik kelas X IPS SMAN 13 Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 1 SMAN 13 Padang yang berjumlah 33 peserta didik dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan peserta didik dalam menulis ulang sebuah konsep matematika secara keseluruhan memiliki persentase 85.86% dengan kategori sangat baik. Kemampuan peserta didik menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis memiliki persentase 85.86% dengan kategori sangat baik. Sedangkan kemampuan peserta didik dalam menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu yaitu 57.58% dengan kategori cukup, dan kemampuan peserta didik mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah yaitu 55.55% dengan kategori cukup. Dari hasil penelitian yang dilakukan, kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik untuk indikator kemampuan pemahaman konsep matematika terutama dalam menulis ulang sebuah konsep dan menyajikan konsep bentuk representasi matematis sangat baik. Pada indikator kemampuan pemahaman konsep dalam menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu dan mengaplikasikan lagoritma dalam pemecahan masalah dengan kategori cukup. Dari hasil penelitian disarankan agar guru dapat memberikan latihan-latihan dalam rangka meningkatkan kemampuan pemahaman konsep metematika peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PMAT FKIP |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 04:22 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 04:22 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9181 |
Actions (login required)
View Item |