Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk Siswa Kelas VIII SMP

Gifra, Rasyidah and Fauziah, Fauziah (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk Siswa Kelas VIII SMP. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (414kB)
[img] Text
KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI GIFRA RASYIDAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu alternatif yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi pada kelas VIII SMP Negeri 3 Ulakan Tapakis, terlihat bahwa siswa mengalami kendala dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Selain itu, ternyata di sana masih kurangnya dalam penggunaan media pembelajaran berbasis IT saat proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran interaktif pada materi SPLDV yang valid dan praktis untuk kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D). Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis validitas diperoleh persentase 80% dari ahli materi dan 85,26% dari ahli media dengan kriteria valid. Sedangkan hasil analisis data praktikalitas diperoleh persentase 90,8% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran pada materi sistem persamaan linear dua variabel untuk kelas VIII SMP ini valid dan sangat praktis. Dari hasil penelitian ini, disarankan untuk guru dapat menjadikan media pembelajaran ini sebagai salah satu alternatif media yang digunakan dalam proses pembelajaran dan bagi peneliti lain dalam tahapan pengembangan media harus lebih diperhatikan lagi pada tahap pengumpulan data agar media yang dihasilkan sesuai dengan karakter dan cara bebrpikir siswa di sekolah tempat dilaksanakannya penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 04 Aug 2022 06:05
Last Modified: 04 Aug 2022 06:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9218

Actions (login required)

View Item View Item