PENGEMBANGAN MODUL PECAHAN SENILAI BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK KELAS IV SDN 04 AIRPURA

ZAHRA OKTA DIELA, ZAHRA OKTA DIELA and Ira Rahmayuni Jusar, S.Si,M.Pd, Ira Rahmayuni Jusar, S.Si,M.Pd (2022) PENGEMBANGAN MODUL PECAHAN SENILAI BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK KELAS IV SDN 04 AIRPURA. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI ZAHRA OKTA DIELA. 18-125.pdf

Download (966kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN ZAHRA OKTA DIELA.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika berbasis Model Problem Based Learning (PBL) pada materi pecahan senilai untuk siswa kelas IV SDN 04 Airpura. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, design, development, dan disseminate. Penelitian ini dibatasi hanya 3-D yaitu sampai di tahap development dikarenakan keterbatasan waktu. Instrument penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket guru dan siswa). Validator terdiri dari 3 orang dosen (ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain). Berdasarkan modul yang telah dikembangkan, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi diperoleh presentase validitas 80,55% dengan kriteria valid, dari aspek bahasa diperoleh presentase kevalidan 95,83% dengan kriteria sangat valid dan dari aspek desain diperoleh presentase kevalidan 95% dengan kriteria sangat valid. Dilihat dari rata-rata validitas modul pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning pada materi pecahan memenuhi kriteria sangat valid dengan presentase kevalidan 90,46%. Uji coba praktikalitas terdiri dari 1 orang guru kelas dan 19 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru diperoleh presentase kepraktisan 92,70% dengan kriteria sangat praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh dengan presentase kepraktisan 90,72% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning memenuhi kriteria valid dan praktis yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar secara mandiri. Kata Kunci: Pengembangan Modul, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 04 Aug 2022 07:41
Last Modified: 04 Aug 2022 07:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9270

Actions (login required)

View Item View Item