PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 8 SUBTEMA 1 TENTANG SIKLUS AIR SUNGAI TALANG KECAMATAN GUGUAK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Fella, Gusnita and Enjoni, Enjoni (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 8 SUBTEMA 1 TENTANG SIKLUS AIR SUNGAI TALANG KECAMATAN GUGUAK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (355kB)
[img] Text
KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Cooperative Learning tipe Jigsaw pada pembelajaran IPA Tema 8 Subtema 1 Tentang Siklus Air Kelas V Di UPTD SDN 03 Sungai Talang Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode 4-D yang telah dimodifikasi menjadi tahap Define, Design, Development dan Disseminite.Namun keterbatasan waktu, maka peneliti hanya sampai pada tahap development (3-D). Validasi dilakukan oleh 3 orang dosen validator yaitu validator aspek materi, validator aspek bahasa dan validator aspek desain. Praktikaliatas dilakukan oleh 1 orang pendidik dan 20 peserta didik kelas V SD. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil analisis validasi aspek materi 3,46 dengan kategori valid, aspek bahasa 3,91 kriteria sangat valid, aspek desain 3,64 dengan kriteria sangat valid dengan rata-rata keseluruhan nilai validasi diperoleh sebesar 3,67 dengan kriteria sangat valid. Analisis data praktikalitas dari pendidik diperoleh sebesar 90,00% dengan kriteria sangat praktis dan praktikalitas peserta didik diperoleh sebesar 83,22% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis model cooperative learning tipe jigsaw pada pembelajaran IPA sudah sangat valid dan praktis untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar atau bahan ajar untuk peserta didik maupun pendidik. Saran peneliti unutk selanjutnya dapat mengembangkan LKPD berbasis model cooperative learning tipe jigsaw pada pembelajaran IPA dengan materi yang lainnya dan diharapkan peserta didik dapat berfikir kritis dalam memecahkan masalah secara berkelompok dan memperoleh pengetahuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 04 Aug 2022 09:03
Last Modified: 04 Aug 2022 09:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9320

Actions (login required)

View Item View Item