Febbie, Amila R and Yulfia, Nora, S.Pd., M.Pd (2022) PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 15 AMPALU PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN,PERSETUJUAN,ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf Download (680kB) |
|
Text
BAB PENDAHULUAN.pdf Download (306kB) |
|
Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
|
Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode discovery learning berbantu media powtoon terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD negeri 15 ampalu pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD 15 Ampalu tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 30 siswa. Sampel diambil dengan cara random sampling, diperoleh siswa kelas V.B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V.A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor hasil belajar setelah diberikan perlakuan di kelas eksperimen didapat sebesar 99, 2 dan siswa kelas kontrol 97,7. Pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel, dimana thitung 0,317 > ttabel 0,206 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa metode discovery learning berbantu media powtoon berpengaruh terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 15 Ampalu Pariaman. Kata kunci: Discovery Learning, Powtoon, Hasil Belajar, IPS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 03:40 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 03:50 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9457 |
Actions (login required)
View Item |