Nurul, Mielfiani and Wince, Hendri (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR UNTUK SISWA KELAS V SDN 12 API-API PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI.pdf Download (645kB) |
|
Text
BAB PENDAHULUAN.pdf Download (666kB) |
|
Text
BAB PENUTUP.pdf Download (188kB) |
|
Text
DAFTAAR PUSTAKA.pdf Download (302kB) |
|
Text
SKRIPSI FULL NURUL MIELFIANI TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis Discovery Learning untuk siswa kelas V SDN 12 Api-Api Pesisir Selatan yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reseacrh and Development) dengan menggunakan model 4-D yaitu (Define, Design, Development, and Disseminate) yang dimodifikasi menjadi 3-D. Instrument penelitian terdiri dari angket validitas dan angket praktikalitas guru dan siswa. Modul pembelajaran IPA divalidasi oleh 3 orang dosen serta diujicobakan 3 orang guru, dan 24 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis Discovery Learning untuk siswa kelas V SD memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata validitas (93,32%) dimana aspek didaktik (90%), bahasa (94,04%), isi (95,23%), dan aspek desain (94,04%). Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis dengan praktikalitas (92,61%) dimana praktikalitas oleh guru dengan persentase (95,93%), dengan aspek kepraktisan penggunaan modul (100%), kesesuaian ilustrasi (100%), bahasa (90%), aspek evaluasi (93,75%) juga dikategorikan sangat praktis menurut siswa dengan persentase rata-rata (89,29%) dengan aspek kepraktisan penggunaan modul (88,95%), kesesuaian ilustrasi (88,80%), bahasa (91,66%) dan aspek evaluasi (87,76%). Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis Discovery learning pada materi perpindahan kalor memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Pengembangan Modul, Perpindahan Kalor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 08:17 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 08:17 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9529 |
Actions (login required)
View Item |