PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR UNTUK SISWA KELAS V SDN 12 API-API PESISIR SELATAN

Nurul, Mielfiani and Wince, Hendri (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR UNTUK SISWA KELAS V SDN 12 API-API PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI.pdf

Download (645kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (666kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL NURUL MIELFIANI TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis Discovery Learning untuk siswa kelas V SDN 12 Api-Api Pesisir Selatan yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reseacrh and Development) dengan menggunakan model 4-D yaitu (Define, Design, Development, and Disseminate) yang dimodifikasi menjadi 3-D. Instrument penelitian terdiri dari angket validitas dan angket praktikalitas guru dan siswa. Modul pembelajaran IPA divalidasi oleh 3 orang dosen serta diujicobakan 3 orang guru, dan 24 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis Discovery Learning untuk siswa kelas V SD memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata validitas (93,32%) dimana aspek didaktik (90%), bahasa (94,04%), isi (95,23%), dan aspek desain (94,04%). Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis dengan praktikalitas (92,61%) dimana praktikalitas oleh guru dengan persentase (95,93%), dengan aspek kepraktisan penggunaan modul (100%), kesesuaian ilustrasi (100%), bahasa (90%), aspek evaluasi (93,75%) juga dikategorikan sangat praktis menurut siswa dengan persentase rata-rata (89,29%) dengan aspek kepraktisan penggunaan modul (88,95%), kesesuaian ilustrasi (88,80%), bahasa (91,66%) dan aspek evaluasi (87,76%). Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis Discovery learning pada materi perpindahan kalor memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Pengembangan Modul, Perpindahan Kalor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:17
Last Modified: 05 Aug 2022 08:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9529

Actions (login required)

View Item View Item