ANALISIS KEBIASAAN BELAJAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIPA DI SMA N 8 PADANG

Mifta hayati putri, Mifta hayati putri and Dr. Wince Hendri, M.Si., Dr. Wince Hendri, M.Si. (2022) ANALISIS KEBIASAAN BELAJAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIPA DI SMA N 8 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover halaman pengesahan abstrak daftar isi.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Bab Pendahuluan.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Kesimpulan dan saran.pdf

Download (128kB)
[img] Text
Full text skripsi MHP.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 October 2022.

Download (3MB)

Abstract

ANALISIS KEBIASAAN BELAJAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 8 PADANG Mifta Hayati Putri 1, Wince Hendri 1 Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta, Padang, Indnesia E-mail : miftahmifta167@gmail.com Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebiasaan belajar dan hubungannya dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif , dengan total sampel sebanyak 45 siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kebiasaan belajar yang tertinggi adalah kebiasaan dalam persiapan belajar siswa (28,82 ± 3,36), membaca buku pelajaran (23,84 ± 3,05) membuat catatan dan ringkasan (24,15± 3,14 ) mengulang pelajaran ( 17,06 ± 3,04) menghadapi ujian (23,60 ± 2,94 ) dan menyelesaikan tugas (16,35 ± 2,02). Kebiasaan belajar berkontribusi terhadap hasil belajar biologi siswa dengan t hitung 2,794. Hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar secara umum memperlihatkan hubungan yang rendah (r = 0,161). Selanjutnya hubungan kebiasaan pervariabel menunjukkan hubungan yang rendah antara membuat catatan dan ringkasan (r = 0,216), dengan persiapan belajar (r = 0,174), kebiasaan membaca buku pelajaran (r = 0,128), mengulang pelajaran (r = 0,103), dalam menghadapi ujian (r = 0,102) dan hubungan antara kebiasaan dalam menyelesaikan tugas dengan hasil belajar (r = 0,000) termasuk kategori sangat rendah. Dari penelitian ini disimpulkan hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar dalam membuat catatan dan ringkasan dengan hasil belajar termasuk kategori rendah sedangkan hubungan antara kebiasaan persiapan belajar, membaca buku pelajaran, mengulang pelajaran, menghadapi ujian dan hubungan kebiasaan dalam menyelesaikan tugas termasuk kategori sangat rendah. Kata kunci: kebiasaan belajar, hasil belajar biologi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PBIO FKIP
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:46
Last Modified: 05 Aug 2022 08:46
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9531

Actions (login required)

View Item View Item