kesulitan belajar siswa dan hubungannya dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Padang selama pembelajaran daring

chairunnisa, sinaga and Gusmaweti, Gusmaweti (2022) kesulitan belajar siswa dan hubungannya dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Padang selama pembelajaran daring. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, PENGESAHAN, ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
fulltext Skripsi Chairunnisa Sinaga 18-001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran online/daring adalah rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Padang selama pembelajaran daring dilaksanakan dan untuk mengetahui hubungan antara kesulitan belajar biologi siswa melalui pembelajaran online/daring dengan hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPA yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 110 siswa. Sampel penelitian berjumlah 33 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik random sampling dengan proporsi sampel 30%. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kemudian uji t untuk mengetahui korelasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor tertinggi faktor kesulitan belajar siswa sebesar 2,81 yaitu faktor motivasi dan minat belajar siswa dan faktor kesulitan terendah di peroleh skor 2,44 yaitu interaksi sosial. Terdapat hubungan kesulitan belajar biologi siswa melalui pembelajaran online/daring dengan hasil belajar biologi dengan nilai r = 0,520; koefisien nilai thitung sebesar 4,642 lebih besar dari ttabel yaitu 2,040, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kesulitan belajar biologi melalui pembelajaran online/daring dengan hasil belajar siswa dan terdapat saran bagi sekolah untuk menjadi masukan positif dalam upaya membangun dan memperbaiki model pembelajaran secara online/daring dan juga mampu meningkatkan belajar siswa serta diharapkan bagi guru dan orangtua dapat mengenal dan mengamati kesulitan belajar secara online yang dialami siswa tersebut. Kata kunci: Kesulitan belajar online/daring, hasil belajar biologi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PBIO FKIP
Date Deposited: 05 Aug 2022 09:26
Last Modified: 05 Aug 2022 09:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9555

Actions (login required)

View Item View Item