PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING MATERI PEDULI TERHADAP TUMBUHAN DI LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SDN 03 BANDAR BUAT KOTA PADANG

Ivo, Febriani and Gusmaweti, Gusmaweti (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING MATERI PEDULI TERHADAP TUMBUHAN DI LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SDN 03 BANDAR BUAT KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (786kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN, SARAN, DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis Experiential Learning Materi Peduli Terhadap Tumbuhan di Lingkungan Siswa Kelas IV SDN 03 Bandar Buat Kota Padang yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Dengan menggunakan model pengembangan (4-D) yaitu define, design, development, dan disseminate. Karena keterbatasan waktu dan kemampuan, peneliti membatasi model pengembangan pada penelitian ini hingga tahap ke (3-D) yaitu tahap define, design, dan development. Instrument penelitian meliputi lembar validasi oleh 3 orang dosen ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain. Sedangkan uji praktikalitas dilakukan oleh 1 orang guru dan 15 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan penilaian dari dosen ahli materi meliputi aspek kelayakan isi (3,75) kategori sangat valid dan aspek keterpaduan (3,71) kategori sangat valid. Hasil penilaian dari dosen ahli bahasa meliputi aspek kebahasaan (3,90) kategori sangat valid. Hasil penilaian dari dosen ahli desain meliputi aspek penyajian (3,86) kategori sangat valid dan aspek kegrafisan (3,25) kategori valid. Dari ketiga hasil penilaian dosen ahli, diperoleh rata-rata keseluruhan (3,69) kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru diperoleh rata-rata (97,29%) kategori sangat praktis, sedangkan hasil uji praktikalitas oleh siswa diperoleh rata-rata (89,11%) kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis Experiential Learning yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis. Sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA di kelas IV SD oleh guru, dan bagi peneliti lain disarankan untuk dapat mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis Experiential Learning pada materi lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 07 Aug 2022 01:47
Last Modified: 07 Aug 2022 01:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9574

Actions (login required)

View Item View Item