PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 05 MANINJAU KABUPATEN AGAM

Mufidah, Rahma Weni and Yulfia, Nora (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 05 MANINJAU KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover,halaman,daftar isi.pdf

Download (695kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (115kB)
[img] Text
KESIMPULAN.pdf

Download (89kB)
[img] Text
SKRIPSI MUFIDAH RAHMA WENI 18-018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 05 Maninjau Kecamatan Tanjung Raya. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan yaitu Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN 05 Maninjau yang terdiri atas kelas VA dan VB. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, kelas eksperimen yaitu kelas VA dan kelas kontrol yaitu kelas VB. Instrumen penelitian ini berupa tes objektif berbentuk pilihan ganda. Teknik data yang digunakan adalah t-test dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan perhitungan analisis data hasil t-test dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil thitung 4,534 dan Ttabel = 1,68957. Dengan thitung>ttabel yaitu (4,534 >1,68957). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yang arahnya terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap Hasil belajar IPS pada tema 8 di Kelas V SDN 05 Maninjau Kecamatan Tanjung Raya. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 07 Aug 2022 04:19
Last Modified: 07 Aug 2022 04:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9600

Actions (login required)

View Item View Item