ANALISIS MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD 011/XI DESA GEDANG KOTA SUNGAI PENUH JAMBI ( STUDI KASUS )

Mhd Fredy, Al Fadri and Hidayati, Azkiya (2022) ANALISIS MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD 011/XI DESA GEDANG KOTA SUNGAI PENUH JAMBI ( STUDI KASUS ). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER (3)_merged-halaman-1-13.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I FIX (4).pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB V (2).pdf

Download (302kB)
[img] Text
COVER (3)_merged.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi terdapat kesulitan membaca permulaan terhadap beberapa siswa kelas 1. Tujuan Penelitian ini yaitu: (1)untuk menemukan macammacam kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD 011/XI Desa Gedang Kota Sungai Penuh; (2) untuk menemukan faktor penyebab kesulitan membaca permulaan pada siswa di kelas 1 SD 011/XI Desa Gedang Kota Sungai Penuh; (3) mendeskripsikan solusi untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD 011/XI Desa Gedang Kota Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekan studi kasus. Teori yang di gunakan pada penelitian ini Sugiono penelitian studi kasus adalah dimana peneliti melakukan ekspolorasi secara mendalam terhadap program, kejadian, proses, aktivitas, terhadap satu atau lebih orang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1. Sumber data yang digunakan meliputi guru kelas 1 siswa kelas 1 dan orang tua. Data yang digunakan berupa data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) jenis kesulitan membaca permulaan yang dialami oleh siswa kelas 1 yaitu: (a) belum mampu menganalisis kata menjadi huruf, (b) pemahaman simbol bunyi, (c) kesulitan dalam merangkai kata dan huruf serta membaca kata demi kata; (2) faktor penyebab siswa mengalami kesulitan membaca permulaan antara lain: (a) faktor internal, (b) faktor eksternal; (3) alternatif solusi yang dapat diterapkan guru untuk mengatasi siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan meliputi: menggunakan metode eja; b) metode SAS; c) metode global; d) metode bunyi; e) menggunakan media kumpulan kata; f)media huruf magnetik; g) mengadakan kelas tambahan atau les. Kata Kunci : Analisis, Membaca Permulaan, Siswa SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 07 Aug 2022 04:51
Last Modified: 07 Aug 2022 04:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9616

Actions (login required)

View Item View Item