PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POHON PINTAR PADA MATERI PENJUMLAHAN SUB TEMA AKU ISTIMEWA PADA KELAS I SD NEGERI 12 PADANG PANJANG BARAT

Shasha, Rizky Amelia and Arlina, Yuza (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POHON PINTAR PADA MATERI PENJUMLAHAN SUB TEMA AKU ISTIMEWA PADA KELAS I SD NEGERI 12 PADANG PANJANG BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover,halaman,daftar isi.pdf

Download (339kB)
[img] Text
pendahuluan.pdf

Download (164kB)
[img] Text
kesimpulan.pdf

Download (141kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI SHASHA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa Media Pembelajaran Pohon Pintar pembelajaran matematika materi penjumlahan untuk kelas I SD Negeri 12 Padang Panjang Barat yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian digunakan adalah tipe 4-D yaitu, define (pendefenisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini dibatasi sampai pada tahap development atau pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Instrument penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon pendidik dan peserta didik). Dalam proses validasi, Media Pembelajaran Pohon Pintar divalidasi oleh 1 dosen ahli media dan 1 dosen ahli materi. Pada proses kepraktisan, Media Pembelajaran Pohon Pintar diujicobakan oleh 1 pendidik dan 26 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan Media Pembelajaran Pohon Pintar untuk kelas I menghasilkan media pembelajaran yang memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata persentase 94,5%, yaitu dari ahli media memperoleh persentase sebesar 92,5%, dari ahli materi memperoleh persentase sebesar 94,4%, memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata persentase 97%, yaitu praktikalitas oleh guru memperoleh persentase sebesar 100% dan praktikalitas siswa memperoleh persentase sebesar 94,5%. Jadi dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Pohon Pintar pada pembelajaran matematika materi penjumlahan untuk kelas I Sekolah Dasar memenuhi kriteria valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran dalam pembelajaran matematika khususnya bagi peserta didik kelas I Sekolah Dasar. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Pohon Pintar, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 07 Aug 2022 05:50
Last Modified: 07 Aug 2022 05:50
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9635

Actions (login required)

View Item View Item