PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Prity, Desri Rahmadani and Tamrin, Tamrin (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER dll SKRIPSI Prity Desri.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii. BAB Pendahuuan SKRIPSI Prity Desri.pdf

Download (376kB)
[img] Text
iii. BAB Kesimpulan SKRIPSI Prity Desri.pdf

Download (157kB)
[img] Text
iv. Full texs SKRIPSI Prity Desri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis model Contextual Teaching and Learning pada kelas IV yang memenuhi Kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian tang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Trianto dengan model pengembangan 4D yaitu Devine (Pendefenisian), Design (Perancangan). Development (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran) yang kemudian dimodifikasi Menjadi 3-D. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket yang terdiri dari lembar Validasi dan lembar Praktikalitas. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Modul divalidasi oleh tiga Validator ahli yaitu ahli materi dengan 81,66% kriteria valid, ahli bahasa dengan 100% kriteria sangat valid, dan ahli desain 93,05% kriteria sangat valid. Rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga validator ahli adalah 91,66% kriteria sangat valid. Untuk uji praktikalitas, modul digunakan oleh guru dan siswa SD Negeri 04 Kampung Olo dengan hasil praktikalitas 95% guru kriteria sangat praktis dan siswa 95,09% siswa kriteria sangat praktis. Rata-rata praktikalitas 95,09% kriteria sangat praktis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa validitas modul pembelajaran IPS berbasis model Contextual Teaching and Learning untuk kelas IV dinyatakan valid baik dari aspek materi, bahasa, dan desain. Hasil praktikalitas dinyatakan praktis baik dari aspek penilaian guru maupun siswa. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis model Contextual Teaching and Learning telah valid dan praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar atau bahan ajar untuk siswa maupun guru. Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Pembelajaran IPS, Contextual Teaching and Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 07 Aug 2022 02:46
Last Modified: 07 Aug 2022 02:46
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9670

Actions (login required)

View Item View Item