Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Berbasis Example non-Example Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Nurmelvi, Rahmadani and Darwianis, Darwianis (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Berbasis Example non-Example Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. Cover dll.pdf

Download (841kB)
[img] Text
ii. Bab Pendahuluan.pdf

Download (403kB)
[img] Text
iii. Bab Kesimpulan.pdf

Download (170kB)
[img] Text
iv. Full Teks Skripsi Nurmelvi Rahmadani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis example non-example pada kelas V Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model Pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi Menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dari ahli materi, bahasa dan desain, lembar praktikalitas yaitu angket respon guru dan siswa. Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 24 orang siswa. Data untuk validasi diperoleh hasil dari ahli materi dengan 91,66% kriteria sangat valid, ahli bahasa dengan 97,72% kriteria sangat valid dan ahli desain 93,33% kriteria sangat valid sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga validator ahli adalah 93,5% kriteria sangat valid. Data untuk praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas yang mendapat nilai praktikalitas oleh guru 92,5% kriteria sangat praktis dan praktikalitas siswa 91,51% kriteria sangat praktis, sehingga rata-rata praktikalitas 91,53% kriteria sangat praktis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul IPS berbasis example non-example untuk siswa kelas V sekolah dasar telah valid dan praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar atau bahan ajar untuk siswa maupun guru. Kata Kunci : Pengembangan, Modul, IPS, Example non-example.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 07 Aug 2022 02:49
Last Modified: 07 Aug 2022 02:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9671

Actions (login required)

View Item View Item