PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TEMA 6 MATERI SIKLUS HIDUP HEWAN DAN UPAYA PELESTARIANNYA UNTUK SISWA KELAS IV SDN 26 GASAN KECIL KABUPATEN AGAM

Wella Safitri, Wella and Gusmaweti, Gusmaweti (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TEMA 6 MATERI SIKLUS HIDUP HEWAN DAN UPAYA PELESTARIANNYA UNTUK SISWA KELAS IV SDN 26 GASAN KECIL KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB I(3).pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB V, DFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text
FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan saintifik tema 6 materi siklus hidup hewan dan upaya pelestariannya untuk siswa kelas IV SDN 26 Gasan Kecil Kabupaten Agam yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) denganmenggunakan modifikasi model 3-D yaitu terdiri dari tahap define, design, dan development. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket yang terdiri dari angket validitas aspek materi, bahasa, dan desain, serta angket praktikalitas untuk guru dan siswa.Validitas dilakukan oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator aspek materi, aspek bahasa dan aspek desain. Pada proses praktikalitas, modul diuji cobakan oleh 1 orang guru dan 9 siswa kelas IV SD.Hasil penelitian menunjukkan validitas angket oleh validator dengan rata-rata 3,80 dengan kriteria sangat valid. Praktikalitas oleh guru adalah 91,00% dengan kriteria sangat praktis dan praktikalitas oleh siswa adalah 95,40% dengan kriteria sangat praktis. Rata-rata hasil praktikalitas oleh guru dan siswa adalah 93,20% dengan kriteria sangat praktis.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan saintifikyang dihasilkan sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai salah satu sumber dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD, sehingga modul dapat digunakan secara mandiri dan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis Pendekatan Saintifik dengan kompetensi dasar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:32
Last Modified: 08 Aug 2022 02:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9695

Actions (login required)

View Item View Item