PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWER POINT INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN WAKTU UNTUK SISWA KELAS III SDN 05 SURAU GADANG

Vinda, Ariyani and rieke, alyusfitri (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWER POINT INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN WAKTU UNTUK SISWA KELAS III SDN 05 SURAU GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER dll.pdf

Download (599kB)
[img] Text
ii. PENDAHULUAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text
iii. KESIMPULAN dan SARAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
daftar rujukan .pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran Microsoft Power Point Interaktif berbasis Problem Based Learning pada pembelajaran matematika materi pengukuran waktu untuk siswa kelas III SDN 05 Surau Gadang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE melalui 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Namun penelitian ini hanya dibatasi sampai pada 3 tahapan saja yaitu Analysis, Design, dan Development. Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar validitas dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Validator terdiri dari 2 orang dosen ahli yaitu ahli materi dan ahli desain. Berdasarkan media yang telah dikembangkan, validasi media yang dilakukan dari aspek materi diperoleh persentase kevalidan sebesar 95,83% dengan kriteria sangat valid, sedangkan dari aspek desain di peroleh persentase kevalidan sebesar 97,91% dengan kriteria sangat valid. Untuk hasil praktikalitas oleh guru diperoleh persentase kepraktisan sebesar 93,33% dengan kriteria sangat praktis dan untuk hasil praktikalitas siswa diperoleh persentase kepraktisan sebesar 93,45% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Microsoft Power Point Interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) memenuhi kriteria sangat valid dan praktis yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas III Sekolah Dasar (SD) baik secara mandiri maupun berkelompok. Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Microsoft Power Point Interaktif, Problem Based Learning (PBL), Pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:03
Last Modified: 08 Aug 2022 02:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9701

Actions (login required)

View Item View Item