PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SD NEGERI 20 LURAH BERANGIN

Ainul, Hayati and Darwianis, Darwianis (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SD NEGERI 20 LURAH BERANGIN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, dll - Ainul Hayati.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I - Ainul Hayati.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB V, DFTAR PUSTAKA - Ainul Hayati.pdf

Download (26kB)
[img] Text
Skripsi - Ainul Hayati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran PPKn menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di kelas V. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian siswa kelas V sebanyak 16 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, dan tes hasil belajar kognitif (pengetahuan) siswa. Berdasarkan analisis lembar hasil belajar kognitif (pengetahuan) siswa diperoleh daya serap klasikal pada siklus I yaitu 69,37%, pada siklus II daya serap klasikal meningkat menjadi 80,62%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembalajaran PPKn dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas V. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:20
Last Modified: 08 Aug 2022 04:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9738

Actions (login required)

View Item View Item