Ridwan, Almardio and Erman, Har (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI MACAM-MACAM GAYA MENGGUNAKAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SD N 05 SAWAHAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
TEKS I.pdf Download (781kB) |
|
Text
TEKS II.pdf Download (145kB) |
|
Text
TEKS III.pdf Download (138kB) |
|
Text
TEKS IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Tema 7 Pada Materi Macam-macam gaya Untuk Siswa kelas IV B SD Negeri 05 Sawahan, Kec. Padang Timur, Kota Padang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Developmen) dengan menggunakan model 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun karena keterbatasan waktu, maka penelitian hanya sampai pada fase development (3-D). Validasi dilakukan oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator aspek materi, validator asek bahasa, dan validator aspek desain. Praktikalitas dilakukan oleh 1 orang guru dan 26 orang siswa kelas IV B SD Negeri 05 Sawahan, Kec. Padang Timur, Kota Padang . Data untuk validitas diperoleh dari hasil analisis validasi aspek materi (81,94%) dengan kriteria sangat valid, aspek bahasa (100%) dengan kriteria sangat valid, dan aspek desain (92,5%) dengan kriteria sangat valid. Dengan rata-rata keseluruhan nilai validasi diperoleh (91,48%) dengan kriteria sangat vaid. Analisis data praktikalitas dari guru diperoleh (98,33%) dengan kriteria sangat praktis dan praktikalitas oleh siswa diperoleh (92,31%) dengan kriteria sangat praktis. Rata-rata hasil praktikalitas guru dan siswa adalah (95,32%) dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukan modul pembelajaran IPA Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Tema 7 Pada Materi Macam-Macam Gaya Untuk Siswa Kelas IV B SD Negeri 05 Sawahan, Kec. Padang Timur, Kota Padang yang dihasilkan valid dan praktis sehingga sudah bisa digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV SD. Kata kunci : Modul, Pembelajaran IPA, Contextual Teaching and Learning
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 09:12 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 09:12 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9782 |
Actions (login required)
View Item |